Skip to main content

Graphic Card - VGA Card

Mari kita membahas salah satu Hardware yang paling rakus listrik dalam PC Gaming, apalagi kalau bukan graphic card atau yg biasa disebut VGA Card

Apa sih fungsi dari VGA card ini? Jadi VGA card ini berfungsi sebagai pengolah hampir semua grafis dalam PC kita, kalau kita mau merakit sebuah PC Gaming tentu saja kehadiran VGA card yang mumpuni sangat penting perannya, semakin berkembangnya jaman, grafis yang dihasilkanpun akan semakin realistis. Mungkin beberapa diantara kalian pernah merasakan bagaimana antusiasnya game counter strike pada jamannya, PC kalian kemungkinan tidak sanggup untuk memainkannya dengan lancar. Saya sendiri masih ingat dengan kondisi ini, dimana PC saya dengan prosessor intel pentium II dipaksa memainkan game ini, sangat-sangat tidak nyaman sampai saya harus bermain dirumah teman atau digame center/warnet. Tapi sekarang game ini bisa kita nikmati dengan settingan grafik rata kanan (setting optimal) tanpa menggunakan VGA card, sangat jauh sekali perkembangan jaman ya guys.

Saat ini hanya ada 2 produsen VGA yang mendominasi pasar, yaitu AMD dengan Radeon series dan NVIDIA dengan GTX series, masing-masing produsen ada kekurangannya dan kelebihannya, ini akan saya jelaskan nanti, sekarang kita akan membahas masing-masing produsen, silahkan dibaca.

Advanced Micro Devices - AMD
Salah satu produsen Graphic Card raksasa ini tidak hanya bermain didunia VGA, tapi juga disektor Prosessor, ini membuat nama AMD tidak bisa dianggap remeh, buktinya AMD selalu sukses dengan Radeon Seriesnya, seri terbaru dari radeon ini adalah RX 580, yang sudah dapat dipastikan melahap semua game yang ada saat ini dengan setting rata kanan (max setting), RX 580 masih memiliki adik kandung yang kemampuannya berbeda-beda, yaitu RX 570, RX 560, dan RX 550. Bagi kalian yang bingung dengan 3 digit kode radeon ini, mari kita ketahui bersama-sama.

Angka pertama setelah kode RX adalah kode generasi, 5 adalah kode generasi terbaru saat ini, dibawah ini masih ada generasi 4, 3, dan 2. Pada generasi awal yang masih menggunakan 4 digit, angka pertama ini digunakan sebagai segmen pasar.

Angka kedua sebagai gambaran performa, saat ini 8 adalah angka tertinggi dan 5 adalah angka terendah.

Angka ketiga biasanya selalu diisi dengan angka 0 atau 5, angka ini hanya digunakan apabila ada sedikit penambahan atau perbaikan performa.


NVIDIA
Perusahaan raksasa ini juga menghasilkan grahic card yang sangat baik, bahkan beberapa seri tertingginya sanggup melebihi kemampuan RX 580. GTX 1080 TI adalah seri tertinggi dari nvidia, menggunakan graphic card ini sudah bisa dipastikan akan melahap semua game yang ada saat ini, bahkan sampai 3 tahun kedepan. Ini dikarenakan GTX 1080 TI memiliki spesifikasi yang jauh diatas RX 580, jadi selain menjadi monster yang sanggup melahap semua game, GTX 1080 TI ini juga sangat kuat digunakan untuk Video editing. Sama seperti AMD, NVIDIA juga menggunakan 4 digit kode angka, bedanya kode generasi ini ada di angka pertama dan kedua.

Beberapa seri lawas dari NVIDIA GTX series masih cukup mumpuni untuk keperluan Gaming dan Editing sampai sekarang, sebut saja GTX 980 TI yang sangat fenomenal pada masanya, sampai saat inipun harganya masih cukup mahal, berikut saya berikan benchmark VGA terbaik saat ini

Gambar diatas adalah performa VGA yang didapat untuk bermain game PUBG yang sedang booming saat ini, disini terlihat jelas kalau Nvidia dengan GTX 1080 TI sukses mengungguli pesaingnya dengan perbedaan yang cukup jauhs, Jadi saya rasa cukup pantas bila NVIDIA diberi julukan "graphic card terbaik" untuk pasar high end.


Mari kita belajar lebih dalam lagi tentang Graphic Card, saat kalian hendak membeli sebuah graphic card, kalian akan diberikan sangat banyak pilihan, mari kita ambil contoh ZOTAC GTX 1080 TI AMP Extreme 11GB GDDR5X, ini adalah spesifikasi singkat dari sebuah VGA, mari kita bahas satu persatu:




Zotac adalah salah satu distributor VGA, jadi baik AMD dan NVIDIA akan memproduksi graphic card, dan para distributor akan membeli graphic card ini untuk diupgrade menjadi sedikit lebih baik, biasanya lebih difokuskan kependingin suhu, dan sedikit overclock untuk mendapatkan kenaikan performa sekitar 3% bahkan lebih dari performa bawaan pabrik. selain zotac, masih banyak produsen VGA pihak kedua, beberapa diantaranya seperti ASUS, GIGABYTE, POWER COLOR, GALAX, dan masih banyak lagi.

GTX 1080 TI, ini adalah jenis graphic card yang sudah kita bahas diawal tadi, jadi perusahaan zotac memilih graphic card ini untuk diupgrade sesuai keinginan mereka.

AMP EXTREME adalah jenis upgrade yang dilakukan, AMP EXTREME ini menawarkan peningkatan performa dan perbaikan dalam menjaga suhu tetap dingin, cukup terasa perbedaannya apabila dibandingkan dengan graphic card bawaan pabrik, selain AMP EXTREME, masih ada OC (OVERCLOCK) EDITON, EXOC (EXTREME OCERCLOCK), dan lain lain.

11G GDDR5X adalah jenis memory yang digunakan, memory ini hampir sama kegunaannya dengan RAM, hanya saja memory VGA sudah tertanam dalam VGA itu sendiri, jadi tidak masalah apabila memory yang digunakan GDDR3, GDDR5, GDDR5X, dan yang lainnya, semuanya menggunakan slot PCIE, jadi pasti kompatibel dengan semua motherboard yang menggunakan slot PCIE, perbedaanya hanya terletak pada kecepatan membacanya saja, disini GDDR5X adalah yang tercanggih. 11G berarti kapasitas maksimal memory yang digunakan sebesar 11GB


Selain spesifikasi singkat diatas tadi, masih ada beberapa faktor penting dalam memilih VGA, diantaranya adalah

1. Cores
Cores disini menunjukan berapa banyak inti yang digunakan untuk memproses grafik, semakin banyak berarti semakin baik

2. Memory Bus
Memory Bus ini menunjukan seberapa besar ruang yang dapat diproses perdetiknya, analoginya sama seperti jalanan yang kita gunakan sehari-hari, semakin besar jalanannya, semakin banyak pula kendaraan yang dapat dilalui.

3. Engine Clock
Engine clock menunjukan kecepatan yang dapat diraih setiap core perdetiknya.

4. Memory Clock
Memory clock menunjukan kecepatan membaca memory perdetiknya.

5. Display
Display ini adalah output yang akan digunakan sebagai perantara VGA dengan Monitor, jenis yang digunakan juga beragam, diantaranya DVI, HDMI, Display Port, dan lainnya. Biasanya terdapat lebih dari 1 port untuk kebutuhan multi display.


Apabila kalian merasa performa yang dibutuhkan masih kurang walaupun sudah menggunakan VGA sekaliber GTX 1080 TI, kalian masih bisa menggunakan fitur dual GPU, AMD menyebut kemampuan ini dengan istilah CROSSFIRE, sedangkan Nvidia menyebutnya SLI, intinya adalah sama-sama menggabungkan 2 atau lebih graphic card untuk mencapai performa yang lebih tinggi.

Sebagai penutup, jangan lupa untuk menghitung dengan baik penggunaan daya yang dibutuhkan, pastikan PSU kalian sanggup dan kompatibel dengan VGA pilihan kalian, silahkan baca tips memilih PSU yang ada di blog ini ya guys.

Comments

Popular posts from this blog

PSU - Power Supply Unit

PSU Mari kita berkenalan dengan salah satu komponen penting yang paling sering menjadi kesalahan saat membeli PC Gaming yaitu Power Supply Unit atau yang biasa disingkat PSU. Tugas PSU adalah memberikan supply listrik ke semua komponen, banyak orang membuat kesalahan dengan pola pikir " PSU mah gak penting, yang penting colok listrik langsung nyala", atau "yang penting cukup buat nyalain PC", mungkin bisa dikatakan benar kalau kalian membeli PC untuk mengetik dan bermain solitaire, tapi akan jadi musibah kalau digunakan sebagai PC Gaming. PSU sendiri saya coba analogikan sebagai jantung manusia, fungsi jantung yaitu memompa darah ke seluruh tubuh, percuma saja kalian punya badan kekar, berotot, sixpack, tapi jantung lemah, badan kalian kuat untuk melakukan pekerjaan berat, namun tidak dengan jantung kalian, hal ini sama persis dengan PSU dalam dunia PC, sangat penting bagi kesehatan PC kita, saya banyak melihat penjual PC rakitan dengan embel-embel "Ga